November 14, 2017

Panduan Lengkap Install Eclipse Android Beserta SDK dan ADT


Belakangan ini, android merupakan salah satu perangkat yang paling banyak digunakan dimuka bumi, mulai dari yang tua, muda, bahkan anak-anak SD jaman now yang jika dibilang masih belum mengerti apa-apa juga sudah menggunakan android sebagai pegangannya.

Karena banyaknya pengguna yang menggunakan android membuat besarnya peluang untuk melebarkan sayap di dalam piranti gengam ini, hal ini menyebabkan banyaknya developer atau programmer yang mulai mempelajari bagaimana cara membuat aplikasi android yang berguna untuk digunakan oleh penggunanya dan juga menghasilkan pundi uang untuk kantong mereka.

Banyak developer dari luar negeri termasuk Tiongkok yang mengembangkan aplikasi-aplikasi hebat didalam perangkat mobile Android ini, beberapa contohnya seperti Clean Master, Baidu, UC, 360, dan banyak lagi aplikasi-aplikasi asal negeri tirai bambu lainnya yang biasa nyantreng diurutan teratas list aplikasi di Google Play Store.

Berkenalan dengan ECLIPSE

Eclipse sendiri adalah sebuah software IDE (Integrated Development Environment), dimana maksud dari IDE sendiri adalah software yang bukan hanya seperti teks editor melainkan juga berisi dengan tool-tool yang dapat memudahkan kita untuk mengembangkan aplikasi/software berdasarkan jenis pemrogramannya. Eclipse sendiri fokus pada pengembangan aplikasi berbasis Java, hal ini membuat kita dapat menggunakan Eclipse sebagai alat kita untuk mengembangkan aplikasi Android karena aplikasi android sendiri menggunakan Java sebagai bahasa pemrogramannya.

Nah, sekarang kita akan belajar bagaimana caranya untuk mengembangkan aplikasi Android melalui Eclipse, tetapi sebelum itu kita harus belajar bagaimana cara untuk menginstal Eclipse pada komputer kita, dimana pada panduan ini kita akan belajar bagaimana caranya untuk menginstal dan menkonfigurasi Eclipse pada Windows.

Tahap 1, download dan install Eclipse

Silahkan kunjungi link ini untuk mendownload Eclipse http://www.eclipse.org/downloads/. Kalian bisa download eclipse versi terbaru dimana saat artikel ini dibuat versi terakhir adalah Eclipse Oxygen atau kalian juga bisa download Eclipse versi lama jika perangkat kalian tidak terlalu sanggup menggunakan yang versi terbaru.

Tahap 2, Download Android SDK 



Setelah mengintal Eclipse, kita perlu mendownload Android SDK, hal ini penting karena tanpa Android SDK, kita tidak bisa menggunakan Eclipse sebagai software untuk mengembangkan aplikasi Android. Silahkan download Android SDK dari sini https://www.techspot.com/downloads/5425-android-sdk.html. Dikarenakan Google telah memiliki Software untuk pengembangan Android yaitu Android Developer, makan kita tidak akan menemukan link official untuk mendownload Android SDK. Setelah kita mendownload android SDK, silahkan install, kemudian jalankan SDK Manager.exe.


Tahap 3, Menginstall tool dan library Android




Setelah membuka SDK Manager.exe akan muncul tampilan seperti list Tool dan Api(versi android) apa yang kita akan download dan instal, untuk tool, pilih saja tool yang paling baru, dan untuk android, saya sarankan untuk memilih Api 8 sebagai minimum, dan Api 19 sebagai standard api yang nantinya akan kita gunakan. Kemudian jangan lupa klik Install.


Tahap 4, Install ADT

Sekarang kita akan menginstall ADT pada Eclipse, ADT(Android Development Tool) adalah plug-in yang berfungsi untuk membuat Eclipse menjadi aplikasi development Android. Berikut ini langkah-langkahnya.
1. Buka eclipse kemudian pilih menu 'help' kemudian 'install new software'
2. Klik Add button dan kamu akan melihat window muncul
3. Masukkan nama dengan 'ADT' kemudian masukkan link dengan link ini http://dl-ssl.google.com/android/eclipse/. 
4. Ceklik pada bagian Developer Tool kemudian klik FINISH

Tahap 5, mengatur SDK di Eclipse
Agar kita dapat menggunakan api dan tool yang sudah kita download di SDK tadi, kita perlu mengaturnya di dalam Eclipse, berikut ini langkah-langkahnya.
1. Klik menu 'window' kemudian 'prefence'
2. Pilih tab 'Android'
3. Pada bagian SDK  location, isi dengan lokasi Android SDK yang tadi telah kita install dan kita download API nya.
4. Kemudian klik Apply dan Ok.

Itu tadi adalah panduan untuk menginstal Eclipse Android beserta SDK dan ADT, selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya untuk membuat Virtual Device pada Eclipse kita. Berikut dibawah adalah panduan versi videonya.

Related Articles

6 komentar:

  1. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    http://goldengamat.biz/obat-tradisional-kardiomegali/

    BalasHapus
  2. saya sudah mengikuti alur dari instal tapi pas membuat project pertamanya malah gk bisa dan error

    BalasHapus
  3. Sangat Bagus Artikelnya sebagai referensi yang ingin belajar aplikasi android, ;)

    BalasHapus
  4. mau nanya dong, kenapa menu Android Applicationnya ga muncul ya ?

    BalasHapus
  5. Terima Kasih Mas Ilmunya, Semoga Bermanfaat.

    BalasHapus
  6. eclipse yang digunakan versi berapa ya?

    BalasHapus